Tips Investasi Emas – Menyiapkan dana pensiun di usia muda terkadang bukan menjadi prioritas, apalagi bagi generasi sandwich. Tak perlu khawatir, di tengah tuntutan dan kebutuhan yang menekan penghasilan bulanan Anda, Anda tetap bisa mempersiapkan masa tua yang sejahtera dengan berinvestasi, salah satunya di instrumen emas. ‚Äč

Menurut situs resmi Response to Your Money OJK, sandwich generation pertama kali diperkenalkan oleh Dorothy A. Miller (1981), seorang profesor dan direktur praktikum di University of Kentucky, Lexington, Amerika Serikat (AS). Menurutnya, generasi sandwich adalah generasi orang dewasa yang harus menghidupi tiga generasi, yaitu orang tua, diri sendiri, dan anak-anaknya.

Jadi kondisinya dianalogikan seperti sandwich, yaitu sepotong daging yang diperas oleh 2 potong roti. Roti diibaratkan orang tua (generasi atas) dan anak (generasi bawah), sedangkan isi utama sandwich berupa daging, mayones, dan saus yang diperas oleh roti diibaratkan seperti dirinya.

Agar kondisi ini tidak menjadi warisan bagi anak cucu Anda, sudah saatnya Anda mulai mengatur dan merencanakan keuangan Anda di masa depan. Berinvestasi bisa menjadi salah satu cara untuk menyiapkan dana pensiun.

Nah, investasi emas bisa jadi pilihan untuk menyiapkan dana pensiun. Banyak orang menganggap investasi emas cocok untuk investasi jangka panjang, minimal 5 tahun.

Baca juga: 6 Cara Mudah dan Aman Investasi Emas Bagi Investor Pemula

Mengapa emas bisa dijadikan instrumen investasi untuk menyiapkan dana pensiun? Logam mulia ini memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya, harga emas yang terus naik setiap tahun, tahan terhadap inflasi, mudah dilikuidasi, serta mudah diinvestasikan dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Melansir laman tersebut, ada beberapa cara berinvestasi emas untuk mempersiapkan dana pensiun, yaitu:

1. Hitung Target Pensiun

Cara beli emas untuk dana pensiun yang pertama adalah dengan menghitung target pensiun Anda. Misalnya, jika Anda saat ini berusia 25 tahun, maka Anda berencana untuk pensiun di usia 60 tahun.

Dengan begitu Anda masih memiliki waktu 35 tahun untuk berinvestasi emas. Dengan waktu yang relatif lama, Anda bisa mulai menabung emas dari nilai yang kecil

2. Beli Emas Saat Murah

Jadi dalam kurun waktu 35 tahun, pastikan Anda selalu memantau harga emas terbaru. Jika sedang down, usahakan untuk segera membeli emas.

3. Investasi Konsisten

Meski masa pensiun masih jauh, mempersiapkannya dari sekarang adalah pilihan yang tepat. Justru agar Anda bisa menabung emas sedikit demi sedikit.

Alhasil, penghasilan Anda saat ini tidak perlu dialokasikan terlalu banyak untuk membeli emas. Untuk itu Anda perlu konsisten agar tenang menghadapi masa pensiun.

4. Alokasi Dana Investasi Setiap Bulan

Cara membeli emas untuk dana pensiun berikutnya adalah mengalokasikan pendapatan per bulan untuk membeli emas. Tidak perlu besar, asalkan dilakukan terus menerus.

5. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Kemudian, pastikan Anda membeli emas di tempat yang terpercaya. Jika Anda membeli di mana tidak jelas dari mana asalnya, Anda rentan ditipu.

Investasi Emas di Bareksa Emas
Tertarik berinvestasi emas untuk dana pensiun? Saat ini investasi emas tidak membutuhkan modal yang besar, apalagi jika dilakukan secara digital dengan emas fisik. Beli emas fisik secara online, pada fitur Bareksa Emas di Bareksa misalnya anda bisa membeli emas dengan modal awal Rp 50.000.

Jika tidak ingin repot membeli emas di toko, Anda bisa memanfaatkan fitur jual beli emas online yang kini hadir di Bareksa Emas yang bisa diakses melalui aplikasi Bareksa yang tersedia untuk iOS dan Android. ponsel (handset).